Direktori Weblog

  • Home
  • Wisata
  • Bisnis Online
  • Tutorial
  • Seo
Home » Wirausaha » 7P Marketing Mix

7P Marketing Mix

Add Comment
Wirausaha
Minggu, 22 Januari 2012
7P Marketing Mix
Artikel
Pada tulisan ini saya akan membahas marketing mix sebagai kunci utama bagi pemasaran produk yang akan kita jual ke pasar. biasanya kita hanya menemukan empat poin dalam marketing mix, namun disini saya akan membahas tujuh poin marketing mix. dalam marketing mix yang pertama, kita menemukan price, place, promotion, dan product. lalu kemudian muncullah process, people/participants, dan physical evidence. tanpa berlama - lama lagi mari kita bahas satu persatu poin tersebut dengan mencontohkan satu produk yang spesifik sebagai objeknya, yaitu yaitu produk telkomsel simpati.

1. PRICE
harga adalah elemen penting yang menempel pada sebuah produk. harga menjadi kunci utama bagi konsumen untuk membeli barang, khususnya konsumen kelas menengah kebawah. dalam pemasaran, penentuan harga bisa menjadi kekuatan untuk bersaing didalam pasar. contoh konkritnya adalah telkomsel simpati yang memiliki harga terjangkau sehingga bisa menjadi pemimpin pasar di Indonesia. harga juga bisa menjadi identitas sebuah produk. produk yang ditujukan bagi kalangan bawah jelas akan dijual dengan harga semurah mungkin. sebaliknya untuk kalangan premium, harga akan dinaikkan tentunya seiring dengan kualitas produknya juga.

2. PLACE
lokasi disini bisa dikaitkan dengan akses tempat maupun distribusi produk. lokasi menjadi penting perannya dalam pemasaran karena terkait dengan after-sales satisfaction maupun before-sales satisfaction pelanggan. produk telkomsel simpati memiliki akses gerai telkomsel yang tersebar diseluruh Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk mencari informasi atau membutuhkan bantuan pada produk telkomsel simpati yang digunakannya. penentuan lokasi yang tepat akan turut andil meningkatkan rasio penjualan produk meskipun harga kurang kompetitif. masyarakat didaerah yang terpencil mau tidak mau akan membeli produk telkomsel simpati dengan harga berapapun bila memang hanya produk inilah yang jaringannya mencapai daerah tersebut.

3. PROMOTION
promosi sudah jelas menjadi alat utama dalam pemasaran sebuah produk. promosi ini juga yang kemudian banyak menggerus keuangan perusahaan demi memperkenalkan produknya ke pasar. promosi dapat berupa iklan di media cetak maupun elektronik, brosur, baliho, dan sponsorship. produk telkomsel simpati jelas gencar dalam melakukan promosi karena banyaknya jumlah pesaing. promosi ini juga bisa dilakukan secara eksplisit melalui program - program Corporate Social Responsibility (CSR) yang tujuannya sosial. sambil menyelam minum air. sambil memberi juga bisa menerima berupa nama baik perusahaan. promosi yang tepat akan membantu penjualan produk dan laba perusahaan, namun kegagalan promosi bisa membuat perusahaan merugi atau bahkan collapse. lakukan penelitian terlebih dahulu untuk menentukan promosi macam apa yang layak digunakan.

4. PRODUCT
produk yang dimaksud disini terkait dengan kualitasnya. produk berkualitas yang ditawarkan dengan harga terjangkau jelas akan menjadi sasaran pasar. brand produk juga menjadi penting karena ada beberapa segmen di pasar yang menjadikan brand sebagai alasan utama memilih produk. contohnya adalah brand telkomsel simpati yang sudah sangat terkenal sejak dulu menjadi alasan orang tua untuk meminta anaknya menggunakan provider simpati juga. padahal telkomsel memiliki segmen khusus untuk produknya. contohnya produk telkomsel as ditujukan untuk pelajar, produk telkomsel simpati ditujukan untuk kalangan mahasiswa dan pekerja, dan produk telkomsel kartu halo ditujukan untuk kalangan pebisnis profesional. menjadi sangat penting dalam pemasaran untuk menentukan produk yang tepat baik secara ekstrinsik maupun intrinsik agar menarik pasar untuk membelinya atau bahkan merekomendasikannya.

5. PROCESS

proses ini sebenarnya adalah salah satu elemen inti yang ada di 9 core elements of marketing, namun melihat korelasi yang penting maka elemen ini ditarik masuk menjadi salah satu bagian dalam marketing mix. beberapa indikator proses yang diperlukan adalah prosedur, kebijakan, mekanisasi, arah aktivitas, dsb. produk telkomsel simpati memiliki arahan yang jelas saat mengalami gangguan. kita akan diminta datang ke gerai telkomsel untuk menemui customer sevice. disana kita akan diarahkan dan dibantu untuk menyelesaikan masalah tersebut. terkait produk, cara kerja produk tersebut menjadi proses penting bagi pelanggan untuk mengetahui dan memanfaatkan segala fasilitas yang terdapat didalam produk tersebut.

6. PEOPLE/PARTICIPANTS
yang dimaksud pada elemen people disini antara lain komitmen, insentif, penampilan, prilaku, dan kebiasaan. apapun yang menempel pada pelanggan maupun karyawan perusahaan. pegawai telkomsel simpati dari sisi penampilan kita ketahui selalu menggunakan seragam berwarna merah dan melayani dengan sigap dan ramah. people inilah yang kemudian menjadi penggerak dalam proses pemasaran sebuah produk melalui informasi dan pelayanan yang memadai. sudah saatnya perusahaan tidak lagi hanya berfokus pada produknya saja, namun juga pada personilnya agar kinerja dapat dicapai secara maksimal.

7. PHYSICAL EVIDENCE

beberapa indikator utamanya yaitu lingkungan, warna, tata letak, dan fasilitas tambahan. ini terkait dengan tampilan sebuah produk/jasa yang ditawarkan. terkait dengan packaging yang disajikan untuk menarikan minat konsumen. telkomsel simpati identik dengan warna merah dan bungkus yang terkesan sederhana, namun berisi informasi lengkap mengenai fasilitas dan bonus yang ada didalam produknya. elemen ini menjadi penting dalam pemasaran karena seperti kita ketahui bersama, pasar Indonesia adalah pasar yang melihat produk dari penampilannya. tidak jarang kita menemukan pembeli yang tidak logis yang membeli hanya karena melihat tampilan produk yang sangat menarik, padahal dia tidak membutuhkan produk tersebut(baca:lapar mata).

Demikian marketing mix yang bisa saya jelaskan. semoga bisa memberikan wawasan tambahan kepada kawan - kawan semua, khususnya dalam lingkup pemasaran. tujuh marketing mix diatas menjadi sia - sia bila tidak terintegrasi dengan baik. oleh karena itu semuanya harus diaplikasikan secara berkesinambungan dan seimbang. salam wirausaha.





Dikirim Oleh:
Nama PengirimPojok Wirausaha
URL Blog Pengirimhttp://www.pojokwirausaha.com/
Sumber Artikelhttp://www.pojokwirausaha.com/2012/11/7p-marketing-mix.html
Emailpojokwirausaha@gmail.com

Tweet

0 Response to "7P Marketing Mix"

← Posting Lebih Baru Posting Lama → Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
peluang usaha
Paket Wisata Bali
Anda ingin menikmati obyek wisata di Bali dengan harga sangat murah? Hubungi kami

Wisata di Padang
Keindahan danau Singkarak sebagai wisata populer di Padang

Wisata Alam di Bandung
Tempat wisata alam di wilayah Bandung untuk liburan

Wisata di Jogja
Obyek kunjungan wisata yang menarik di Yogyakarta

Gadai BPKB Mobil
Layanan pinjaman dana tunai gadai BPKB mobil yang resmi

Panduan Wisata Puncak Bogor
Pedoman melakukan perjalanan liburan ke Puncak Bogor

Info Populer By Direktori Weblog

Label

Biro Jasa Bisnis Online Blogging Fashion Informasi dan hiburan Internet Kesehatan Komputer Motivasi dan Inspirasi Otomotif Peluang Usaha Pendidikan Periklanan SEO Service Software Tips dan Trik Travel Tutorial Wirausaha Wisata perumahan

Sobat

Pantai Bali
Pantai yang paling populer di pulau Bali

Wisata Goa Pindul
Sensasi menyusuri sungai di goa pindul Jogja

Marina Bay Sands
Hotel terindah di teluk Singapura

Trans Studio Bandung
Permainan Seru Indoor Theme Park di Bandung

Moment Indah di Bali
Ciptakan moment terindahmu di pulau Bali

Jasa Seo
Persaingan antar jasa seo sebagai bukti reputasi kemampuan

Fungsi Backlink
Fungsi Backlink dalam mengoptimalkan situs bisnis

Kintamani Bali
Keindahan pemandangan gunung dan danau Batur
Back to top!
Copyright 2013 Direktori Weblog - All Rights Reserved Design by Mas Sugeng - Powered by Blogger