Pada
tulisan ini saya akan membahas marketing mix sebagai kunci utama bagi
pemasaran produk yang akan kita jual ke pasar. biasanya kita hanya
menemukan empat poin dalam marketing mix, namun disini saya akan
membahas tujuh poin marketing mix. dalam marketing mix yang pertama,
kita menemukan price, place, promotion, dan product. lalu kemudian
muncullah process, people/participants, dan physical evidence. tanpa
berlama - lama lagi mari kita bahas satu persatu poin tersebut dengan
mencontohkan satu produk yang spesifik sebagai objeknya, yaitu yaitu
produk telkomsel simpati.
1. PRICE
harga adalah elemen penting yang menempel pada sebuah produk. harga
menjadi kunci utama bagi konsumen untuk membeli barang, khususnya
konsumen kelas menengah kebawah. dalam pemasaran, penentuan harga bisa
menjadi kekuatan untuk bersaing didalam pasar. contoh konkritnya adalah
telkomsel simpati yang memiliki harga terjangkau sehingga bisa menjadi
pemimpin pasar di Indonesia. harga juga bisa menjadi identitas sebuah
produk. produk yang ditujukan bagi kalangan bawah jelas akan dijual
dengan harga semurah mungkin. sebaliknya untuk kalangan premium, harga
akan dinaikkan tentunya seiring dengan kualitas produknya juga.
2. PLACE
lokasi disini bisa dikaitkan dengan akses tempat maupun distribusi
produk. lokasi menjadi penting perannya dalam pemasaran karena terkait
dengan after-sales satisfaction maupun before-sales satisfaction
pelanggan. produk telkomsel simpati memiliki akses gerai telkomsel yang
tersebar diseluruh Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk mencari
informasi atau membutuhkan bantuan pada produk telkomsel simpati yang
digunakannya. penentuan lokasi yang tepat akan turut andil meningkatkan
rasio penjualan produk meskipun harga kurang kompetitif. masyarakat
didaerah yang terpencil mau tidak mau akan membeli produk telkomsel
simpati dengan harga berapapun bila memang hanya produk inilah yang
jaringannya mencapai daerah tersebut.
3. PROMOTION
promosi sudah jelas menjadi alat utama dalam pemasaran sebuah produk.
promosi ini juga yang kemudian banyak menggerus keuangan perusahaan demi
memperkenalkan produknya ke pasar. promosi dapat berupa iklan di media
cetak maupun elektronik, brosur, baliho, dan sponsorship. produk
telkomsel simpati jelas gencar dalam melakukan promosi karena banyaknya
jumlah pesaing. promosi ini juga bisa dilakukan secara eksplisit melalui
program - program Corporate Social Responsibility (CSR) yang tujuannya
sosial. sambil menyelam minum air. sambil memberi juga bisa menerima
berupa nama baik perusahaan. promosi yang tepat akan membantu penjualan
produk dan laba perusahaan, namun kegagalan promosi bisa membuat
perusahaan merugi atau bahkan collapse. lakukan penelitian terlebih
dahulu untuk menentukan promosi macam apa yang layak digunakan.
4. PRODUCT
produk yang dimaksud disini terkait dengan kualitasnya. produk
berkualitas yang ditawarkan dengan harga terjangkau jelas akan menjadi
sasaran pasar. brand produk juga menjadi penting karena ada beberapa
segmen di pasar yang menjadikan brand sebagai alasan utama memilih
produk. contohnya adalah brand telkomsel simpati yang sudah sangat
terkenal sejak dulu menjadi alasan orang tua untuk meminta anaknya
menggunakan provider simpati juga. padahal telkomsel memiliki segmen
khusus untuk produknya. contohnya produk telkomsel as ditujukan untuk
pelajar, produk telkomsel simpati ditujukan untuk kalangan mahasiswa dan
pekerja, dan produk telkomsel kartu halo ditujukan untuk kalangan
pebisnis profesional. menjadi sangat penting dalam pemasaran untuk
menentukan produk yang tepat baik secara ekstrinsik maupun intrinsik
agar menarik pasar untuk membelinya atau bahkan merekomendasikannya.
5. PROCESS
proses ini sebenarnya adalah salah satu elemen inti yang ada di 9 core
elements of marketing, namun melihat korelasi yang penting maka elemen
ini ditarik masuk menjadi salah satu bagian dalam marketing mix.
beberapa indikator proses yang diperlukan adalah prosedur, kebijakan,
mekanisasi, arah aktivitas, dsb. produk telkomsel simpati memiliki
arahan yang jelas saat mengalami gangguan. kita akan diminta datang ke
gerai telkomsel untuk menemui customer sevice. disana kita akan
diarahkan dan dibantu untuk menyelesaikan masalah tersebut. terkait
produk, cara kerja produk tersebut menjadi proses penting bagi pelanggan
untuk mengetahui dan memanfaatkan segala fasilitas yang terdapat
didalam produk tersebut.
6. PEOPLE/PARTICIPANTS
yang dimaksud pada elemen people disini antara lain komitmen, insentif,
penampilan, prilaku, dan kebiasaan. apapun yang menempel pada pelanggan
maupun karyawan perusahaan. pegawai telkomsel simpati dari sisi
penampilan kita ketahui selalu menggunakan seragam berwarna merah dan
melayani dengan sigap dan ramah. people inilah yang kemudian menjadi
penggerak dalam proses pemasaran sebuah produk melalui informasi dan
pelayanan yang memadai. sudah saatnya perusahaan tidak lagi hanya
berfokus pada produknya saja, namun juga pada personilnya agar kinerja
dapat dicapai secara maksimal.
7. PHYSICAL EVIDENCE
beberapa indikator utamanya yaitu lingkungan, warna, tata letak, dan
fasilitas tambahan. ini terkait dengan tampilan sebuah produk/jasa yang
ditawarkan. terkait dengan packaging yang disajikan untuk menarikan
minat konsumen. telkomsel simpati identik dengan warna merah dan bungkus
yang terkesan sederhana, namun berisi informasi lengkap mengenai
fasilitas dan bonus yang ada didalam produknya. elemen ini menjadi
penting dalam pemasaran karena seperti kita ketahui bersama, pasar
Indonesia adalah pasar yang melihat produk dari penampilannya. tidak
jarang kita menemukan pembeli yang tidak logis yang membeli hanya karena
melihat tampilan produk yang sangat menarik, padahal dia tidak
membutuhkan produk tersebut(baca:lapar mata).
Demikian marketing mix yang bisa saya jelaskan. semoga bisa memberikan
wawasan tambahan kepada kawan - kawan semua, khususnya dalam lingkup
pemasaran. tujuh marketing mix diatas menjadi sia - sia bila tidak
terintegrasi dengan baik. oleh karena itu semuanya harus diaplikasikan
secara berkesinambungan dan seimbang. salam wirausaha.