Bauran Promosi
Setelah
kita belajar tentang bauran pemasaran melalui artikel 7P Marketing mix,
sekarang ayo kita belajar tentang bauran promosi. kita sudah tentu
mengerti apa itu promosi. namun ternyata ada beberapa jenis kegiatan
promosi yang menjadi andalan perusahaan dalam mempromosikan produknya
baik barang maupun jasa. semuanya tergabung menjadi satu kedalam bauran promosi. untuk lebih jelasnya akan saya jabarkan secara singkat apa saja
bagian dari bauran promosi tersebut.
1. Advertising : yang dimaksud advertising disini adalah segala macam
bentuk kegiatan periklanan baik itu di media cetak maupun media
elektronik. kita pasti sering melihat iklan di televisi dan mungkin
banyak diantara kita yang mengalihkan pandangan saat iklan disiarkan.
padahal dari iklan - iklan tersebut kita bisa belajar iklan macam apa
yang menarik. pernah teman saya yang menggeluti dunia periklanan
mengatakan bahwa semakin aneh suatu iklan maka akan semakin menarik
iklan tersebut. jadi barometer apa yang sesuai untuk mengukur kualitas
sebuah iklan ya.
2. Publicity : publisitas ini pada dasarnya sama seperti iklan. namun
dalam kegiatan publisitas ini tidak ada maksud untuk beriklan. bingung
ya apa maksudnya. maksudnya adalah publisitas merupakan kegiatan
periklanan yang bisa dikatakan terselubung. contohnya bisa kita temui
saat ada program csr, sponsorship suatu acara, dsb. intinya adalah bahwa
publisitas ini menitikberatkan pada brand suatu produk atau perusahaan
agar dipandang baik oleh masyarakat.
3. Sales promotion : kegiatan promosi penjualan adalah sesuatu yang
sangat sering kita jumpai. biasanya kegiatan ini dilakukan dengan
memberikan potongan harga atau memberikan bonus pembelian. di acara
pameran dan seminar akan sering kita jumpa promosi penjualan yang
menggoda iman dengan potongan harga dan bonus yang menarik.
4. Personal selling : personal selling adalah kegiatan promosi
perusahaan dimana seorang sales melakukan kontak persuasif secara
langsung kepada pasar. saat ini kita mengenal sales atau lebih kerennya
account executive, yaitu ujung tombak perusahaan untuk meraih penjualan
yang dapat memenuhi target.
5. Direct marketing : yang terakhir adalah pemasaran langsung. pemasaran
yang dimaksud disini bukanlah pemasaran secara luas, melainkan hanya
sebatas teknis promosi produk saja. contohnya adalah dengan cara
mengirimkan email atau pengumuman promosi sebuah produk yang ditujukan
secara personal langsung kepada perorangan. kita tentu tahu bagaimana
seringnya penawaran kartu kredit yang dilakukan melalui telepon. inilah
yang disebut dengan direct marketing.
Sekian apa yang bisa saya bagikan terkait studi terhadap bauran promosi.
saya akan sangat senang apabila ada diantara teman -teman yang mau
mengoreksi apabila saya ada salah dan ada yang menambahkan apabila saya
ada yang kurang karena tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk saling
berbagi pengetahuan demi mimpi menjadi seorang wirausahawan.
Dikirim Oleh: | |
Nama Pengirim | Pojok Wirausaha |
URL Blog Pengirim | http://www.pojokwirausaha.com |
Sumber Artikel | http://www.pojokwirausaha.com/2012/12/bauran-promosi.html |
Email | pojokwirausaha@gmail.com |