BCG Untuk Kesehatan Bisnis Anda

Hayo
siapa yang mau ke puskesmas untuk imunisasi BCG biar nanti tidak
terkena Tuberkulosis. yang mau imunisasi ya silahkan saja tapi di
puskesmas ya karena BCG yang akan saya bahas disini bukanlah imunisasi,
melainkan sebuah matriks yang diciptakan oleh Boston Consulting Group.
Matriks BCG ini berguna bagi kita yang berbisnis dengan multi-produk.
tujuannya adalah untuk menetapkan dimanakah produk kita berada saat ini
dalam posisi pasar. terbagi atas empat kuadran, yaitu Dog, Cash Cow,
Question Mark, dan Star. dari setiap kuadran ini kita nantinya akan bisa
menentukan apa strategi yang akan kita lakukan terhadap produk terkait.
sedikit banyak matriks BCG ini terkait dengan PLC atau Product Life
Cycle (daur hidup produk). namun bedanya dalam PLC produk berada dalam
posisi perkenalan, pertumbuhan, kematangan, dan penurunan/kematian.
selanjutnya akan saya jelaskan setiap kuadran yang ada dalam matriks BCG
diatas agar kita semua bisa mengerti dan menerapkannya di bisnis yang
kita jalankan.
DOG (anjing)
dalam setiap pertandingan kita selalu mendengar ada peserta yang tidak
diunggulkan disebut under dog. begitu juga dalam bisnis. produk yang
memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang minimal didalam matriks
BCG dimasukkan dalam kuadran DOG. bila kita mengambil contoh produk
otomotif roda dua, yang masuk dalam kuadran ini contohnya adalah motor
Yamaha Nouvo Z atau Kawasaki Kaze R. dalam pasar kedua produk tersebut
memiliki pangsa pasar yang minimal jika dibandingkan produk lainnya.
CASH COW (sapi perah)
istilah sapi perah membuat kita terbayang saat sapi diperah susunya.
bedanya disini perusahaan memerah uang dari produknya yang masuk kuadran
ini. bila kita telisik dari kuadran yang ada produk disini memiliki
pangsa pasar yang cukup besar, namun sayangnya tidak berkembang dengan
baik. contohnya adalah Kawasaki Ninja 250. pangsa pasar yang mereka
miliki cukup besar, namun untuk pertumbuhannya jelas mereka kalah jauh
dari produk motor matic seperti Yamaha Mio dan Honda Beat. perusahaan
yang melihat ini tentu harus mengatur strategi agar produknya yang masuk
kuadran ini bisa "naik kelas" ke kuadran STAR. namun melihat
pertumbuhan yang minimal akan membutuhkan kerja keras untuk
merealisasikannya.
QUESTION MARK (tanda tanya)
apakah anda pernah melihat produk yang kebingungan. memiliki pertumbuhan
tinggi namun pangsa pasar yang dimiliki cukup minimal. saya berikan
contoh saja dari salah satu bisnis yang produknya berada didalam kuadran
ini, yaitu VITOGIFTS. produk mereka menilik pasar premium yang belum
banyak tergarap. produk pada kuadran ini sebenarnya sangat potensial
untuk "naik kelas" ke kuadran STAR asalkan anda bisa melihat pasar mana
yang benar - benar menjanjikan untuk produk anda.
STAR (bintang)
ibarat bintang di langit, produk dalam kuadran ini menjadi pusat
perhatian di pasar karena memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan pasar
yang tinggi. inilah produk yang menjadi andalan bisnis anda. bila anda
berbisnis konveksi biasanya mengkuti perkembangan fashion yang ada.
misalnya saat mendekati hari raya Idul Fitri, baju koko akan menjadi
produk andalan anda yang masuk dalam kuadran STAR.
produk yang masuk kuadran matriks BCG ini bersifat dinamis a.k.a bisa
saja berpindah - pindah kuadran. karena itu saat produk anda berada
dalam kuadran DOG janganlah anda berputus-asa. berjuanglah agar produk
anda bisa "naik kelas". begitu juga saat produk anda masuk kuadran STAR.
jangan anda lengah karena kelengahan anda akan menjadi pesaing untuk
mengalahkan anda. manfaatkan produk anda untuk mendulang keuntungan,
namun tanpa mengorbankan kepuasan konsumen. semoga artikel ini bisa
membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda.
Salam wirausaha.
Dikirim Oleh: | |
Nama Pengirim | Pojok Wirausaha |
URL Blog Pengirim | http://www.pojokwirausaha.com/ |
Sumber Artikel | http://www.pojokwirausaha.com/2012/06/bcg-untuk-kesehatan-bisnis-anda.html |
Email | pojokwirausaha@gmail.com |