Direktori Weblog

  • Home
  • Wisata
  • Bisnis Online
  • Tutorial
  • Seo
Home » Wirausaha » BCG Untuk Kesehatan Bisnis Anda

BCG Untuk Kesehatan Bisnis Anda

Add Comment
Wirausaha
Senin, 09 Januari 2012
BCG Untuk Kesehatan Bisnis Anda
artikel pojok wiraudsaha
Hayo siapa yang mau ke puskesmas untuk imunisasi BCG biar nanti tidak terkena Tuberkulosis. yang mau imunisasi ya silahkan saja tapi di puskesmas ya karena BCG yang akan saya bahas disini bukanlah imunisasi, melainkan sebuah matriks yang diciptakan oleh Boston Consulting Group.

Matriks BCG ini berguna bagi kita yang berbisnis dengan multi-produk. tujuannya adalah untuk menetapkan dimanakah produk kita berada saat ini dalam posisi pasar. terbagi atas empat kuadran, yaitu Dog, Cash Cow, Question Mark, dan Star. dari setiap kuadran ini kita nantinya akan bisa menentukan apa strategi yang akan kita lakukan terhadap produk terkait. sedikit banyak matriks BCG ini terkait dengan PLC atau Product Life Cycle (daur hidup produk). namun bedanya dalam PLC produk berada dalam posisi perkenalan, pertumbuhan, kematangan, dan penurunan/kematian. selanjutnya akan saya jelaskan setiap kuadran yang ada dalam matriks BCG diatas agar kita semua bisa mengerti dan menerapkannya di bisnis yang kita jalankan.

DOG (anjing)
dalam setiap pertandingan kita selalu mendengar ada peserta yang tidak diunggulkan disebut under dog. begitu juga dalam bisnis. produk yang memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang minimal didalam matriks BCG dimasukkan dalam kuadran DOG. bila kita mengambil contoh produk otomotif roda dua, yang masuk dalam kuadran ini contohnya adalah motor Yamaha Nouvo Z atau Kawasaki Kaze R. dalam pasar kedua produk tersebut memiliki pangsa pasar yang minimal jika dibandingkan produk lainnya.

CASH COW (sapi perah)
istilah sapi perah membuat kita terbayang saat sapi diperah susunya. bedanya disini perusahaan memerah uang dari produknya yang masuk kuadran ini. bila kita telisik dari kuadran yang ada produk disini memiliki pangsa pasar yang cukup besar, namun sayangnya tidak berkembang dengan baik. contohnya adalah Kawasaki Ninja 250. pangsa pasar yang mereka miliki cukup besar, namun untuk pertumbuhannya jelas mereka kalah jauh dari produk motor matic seperti Yamaha Mio dan Honda Beat. perusahaan yang melihat ini tentu harus mengatur strategi agar produknya yang masuk kuadran ini bisa "naik kelas" ke kuadran STAR. namun melihat pertumbuhan yang minimal akan membutuhkan kerja keras untuk merealisasikannya.

QUESTION MARK (tanda tanya)
apakah anda pernah melihat produk yang kebingungan. memiliki pertumbuhan tinggi namun pangsa pasar yang dimiliki cukup minimal. saya berikan contoh saja dari salah satu bisnis yang produknya berada didalam kuadran ini, yaitu VITOGIFTS. produk mereka menilik pasar premium yang belum banyak tergarap. produk pada kuadran ini sebenarnya sangat potensial untuk "naik kelas" ke kuadran STAR asalkan anda bisa melihat pasar mana yang benar - benar menjanjikan untuk produk anda.

STAR (bintang)
ibarat bintang di langit, produk dalam kuadran ini menjadi pusat perhatian di pasar karena memiliki pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang tinggi. inilah produk yang menjadi andalan bisnis anda. bila anda berbisnis konveksi biasanya mengkuti perkembangan fashion yang ada. misalnya saat mendekati hari raya Idul Fitri, baju koko akan menjadi produk andalan anda yang masuk dalam kuadran STAR.

produk yang masuk kuadran matriks BCG ini bersifat dinamis a.k.a bisa saja berpindah - pindah kuadran. karena itu saat produk anda berada dalam kuadran DOG janganlah anda berputus-asa. berjuanglah agar produk anda bisa "naik kelas". begitu juga saat produk anda masuk kuadran STAR. jangan anda lengah karena kelengahan anda akan menjadi pesaing untuk mengalahkan anda. manfaatkan produk anda untuk mendulang keuntungan, namun tanpa mengorbankan kepuasan konsumen. semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda.

Salam wirausaha.




Dikirim Oleh:
Nama PengirimPojok Wirausaha
URL Blog Pengirimhttp://www.pojokwirausaha.com/
Sumber Artikelhttp://www.pojokwirausaha.com/2012/06/bcg-untuk-kesehatan-bisnis-anda.html
Emailpojokwirausaha@gmail.com

Tweet

0 Response to "BCG Untuk Kesehatan Bisnis Anda"

← Posting Lebih Baru Posting Lama → Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
peluang usaha
Paket Wisata Bali
Anda ingin menikmati obyek wisata di Bali dengan harga sangat murah? Hubungi kami

Wisata di Padang
Keindahan danau Singkarak sebagai wisata populer di Padang

Wisata Alam di Bandung
Tempat wisata alam di wilayah Bandung untuk liburan

Wisata di Jogja
Obyek kunjungan wisata yang menarik di Yogyakarta

Gadai BPKB Mobil
Layanan pinjaman dana tunai gadai BPKB mobil yang resmi

Panduan Wisata Puncak Bogor
Pedoman melakukan perjalanan liburan ke Puncak Bogor

Info Populer By Direktori Weblog

Label

Biro Jasa Bisnis Online Blogging Fashion Informasi dan hiburan Internet Kesehatan Komputer Motivasi dan Inspirasi Otomotif Peluang Usaha Pendidikan Periklanan SEO Service Software Tips dan Trik Travel Tutorial Wirausaha Wisata perumahan

Sobat

Pantai Bali
Pantai yang paling populer di pulau Bali

Wisata Goa Pindul
Sensasi menyusuri sungai di goa pindul Jogja

Marina Bay Sands
Hotel terindah di teluk Singapura

Trans Studio Bandung
Permainan Seru Indoor Theme Park di Bandung

Moment Indah di Bali
Ciptakan moment terindahmu di pulau Bali

Jasa Seo
Persaingan antar jasa seo sebagai bukti reputasi kemampuan

Fungsi Backlink
Fungsi Backlink dalam mengoptimalkan situs bisnis

Kintamani Bali
Keindahan pemandangan gunung dan danau Batur
Back to top!
Copyright 2013 Direktori Weblog - All Rights Reserved Design by Mas Sugeng - Powered by Blogger