Kaos distro adalah salah satu produk bisnis yang bisa dijual dengan santai.
jika kita tidak punya dana untuk menyewa toko kita bisa menjualnya
secara online. selain itu kita juga bisa menanamkan sedikit modal untuk
membuat katalog yang sederhana saja untuk menawarkan produk kita kepada
teman - teman. untuk modal sebenarnya tidak terlalu besar. dengan uang
dibawah satu juta saja kita sudah bisa membeli beberapa baju untuk
menjadi bibit produk kita. tapi jangan sampai salah dalam memilih kemana
kita akan membeli. berikut ini beberapa tips dalam menjual kaos distro :
PILIH PRODUSEN saat memulai usaha kita harus pintar memilah dan memilih
kemana kita akan membeli baju yang nantinya akan kita jual. biasanya
untuk harga akan lebih murah bila kita membeli langsung secara offline
di pasar sentral seperti yang banyak ada di Bandung dan Jakarta. namun
sekarang juga sudah banyak pasar offline yang menjual produknya secara
online. karena itu kita harus teliti mencari produsen dengan harga yang
terjangkau dan kualitas yang baik. di beberapa produsen seperti bandar
garmen dan revolta clothing ada peraturan pembelian dengan jumlah
minimal. produsen dengan konsep seperti itu biasanya menjual produknya
dengan harga yang lebih terjangkau karena memang mereka menjual
produknya untuk pihak yang akan menjual lagi.
PILIH PEMBELI setelah menemukan produsen baju distro yang cocok
selanjutnya adalah menemukan pembeli yang cocok untuk produk kita.
segmentasi atau pembagian didasarkan atas beberapa hal seperti usia,
gender, lokasi, dan profesi. misalnya saat kita menetapkan untuk menjual
kaos distro di kalangan mahasiswa, kita harus mengerti bahwa mereka
cenderung menyukai kaos dengan design yang sederhana dan didominasi kata
- kata yang menarik.dengan mengerti pembeli kita akan tahu produk apa
yang harus kita tawarkan. ibarat memancing di tengah laut, jangan
gunakan umpan yang kecil seperti cacing tanah untuk menangkap seekor
ikan hiu.
PILIH PEMASARAN seperti kita ketahui bersama banyak pihak yang
menyamakan pemasaran dengan penjualan. orang marketing itu ya kerjanya
sales. padahal kegiatan pemasaran ini lebih pada unsur strategik dimana
kita menetapkan strategi apa saja yang akan kita gunakan untuk membuat
produk kita laris di pasar. pada dasarnya kegiatan pemasaran ini terbagi
atas tiga hal, yaitu memperkenalkan, mengajak/membujuk, dan
mengingatkan. diawal jelas kita akan memperkenalkan produk kita kepada
pembeli yang sudah kita targetkan. selanjutnya kita akan masuk tahap
lobi/nego untuk mengajak secara persuasif calon pembeli agar membeli.
tapi harap diingat disini jangan gunakan pemaksaan karena itu hanya akan
menurunkan nama baik kita dan bisnis kita. ujung - ujungnya mereka
tidak membeli. kalaupun membeli ya karena terpaksa. yang terakhir adalah
mengingatkan. saat kaos distro kita sudah laku dan banyak pemesanan,
kita jangan melupakan orang - orang yang pernah membeli kaos distro kita
sebelumnya. jalin komunikasi yang baik meskipun hanya sebatas basa -
basi karena bukan tidak mungkin mereka akan membeli kaos distro kita
lagi atau bahkan menawarkan kaos distro kita kepada saudara dan teman -
teman mereka.
PILIH PENJUALAN yang dimaksud disini adalah bagaimana cara kita menjual.
apakah melalui online, offline, atau keduanya. apakah ada garansi
produknya. jika online dengan pengiriman ekspedisi apakah ada
persyaratan tertentu. itu terkait hubungan kita dengan konsumen maupun
produsen. dalam bisnis penjualan ini erat kaitannya dengan dsitribusi
produk baik vertikal keatas ataupun kebawah. jika anda punya modal untuk
membuat sebuah showroom kaos distro, pilih lokasi yang mendekati pasar.
tapi yang anda harus ingat untuk tidak membuat showroom dengan konsep
shop near rival. bila sudah ada banyak distro didaerah tersebut jangan
lagi anda bangun showroom distro disitu. cari daerah yang cenderung
"netral" yang bisa anda garap dengan lebih maksimal.
PILIH KEUNTUNGAN inilah yang diharapkan semua pebisnis.
laba/untung/profit ini selanjutnya harus anda tentukan alokasinya.
apakah untuk kebutuhan konsumtif anda atau untuk diputar lagi supaya
bisnis kaos distro anda terus berkembang. yang patut anda ingat adalah
bahwa konsistensi menjawab pertanyaan apakah anda benar - benar memiliki
minat dan kemampuan untuk menjadi seorang
wirausaha. contohnya adalah
saat saya di awal kuliah pernah berbisnis headset. keuntungan terus saya
putar untuk mengembangkan bisnis dan stok produk yang ada.
siapa bilang ANAK GAUL cuma bisa menghambur - hamburkan harta orang
tuanya. siapa bilang ANAK GAUL cuma bisa nongkrong sana - sini enggak
jelas. ANAK GAUL juga bisa kok punya bisnis dan menghasilkan uang
sendiri. anak gaul juga masih memikirkan masa depannya, ya masa depan
sebagai seorang wirausaha.