Direktori Weblog

  • Home
  • Wisata
  • Bisnis Online
  • Tutorial
  • Seo
Home » Pendidikan » Korelasi Kemampuan Berbicara Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri

Korelasi Kemampuan Berbicara Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri

Add Comment
Pendidikan
Minggu, 01 April 2012
Korelasi Kemampuan Berbicara Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 3 Sakra Tahun pelajaran 2008/2009

artikel direktori

BAB I

PENDAHULUAN


Dalam bab ini akan dibahas mengenai: 

1) latar belakang masalah, 2) rumusan masalah, 3) tujuan penelitian, 4) manfaat penelitian.

1.1 Latar Belakang Masalah

Apabila diikuti perkembangan pendidikan dewasa ini, tampak mutu pendidikan di negara ini belum merata. Mutu pendidikan di daerah atau umumnya di desa-desa sangat memprihatinkan. Rendahnya mutu pendidikan dalam berbagai mata pelajaran diawali dengan rendahnya mutu pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Mutu pelajaran bahasa Indonesia dapat dikatakan sebagai modal dasar bagi siswa di sekolah dasar (SD) untuk dapat menguasai materi pelajaran yang lain. Oleh karena itu, sejak dini atau dimulai dari rumah tangga atau keluarga sangat perlu diperkenalkan dan dilatih anak untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam rangka mengatasi rendahnya pencapaian prestasi siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, pemerintah telah banyak mengambil langkah untuk dapat meningkatkannya. Langkah-langkah pemerintah antara lain dengan mengadakan penataran-penataran, melaksanakan kelompok kerja guru (KKG), diskusi-diskusi dan masih banyak lagi usaha yang lain yang pernah dilakukan pemerintah.

Menurut pengamatan selintas penulis, guru-guru di sekolah dasar (SD) masih jarang memperhatikan kemampua nberbahasa siswa, terutama sekali kemampuan berbicara, baik sejak awal di kelas I waktu pertama kali anak masuk sekolah dasar (SD) sampai kelas VI, terutama pada sekolah-sekolah pinggiran atau di desa-desa, di lain pihak, kesiapan serta kemampuan guru-guru dalam menyajikan materi dna penguasana metode guru masih perlu mendapat perhatian. Dengan demikian, menurut apa yang dikatakan di atas bahwa penguasaan materi pelajaran bahasa Indonesia modal dasar untuk menguasai materi pelajaran yang lain.

Untuk dapat memperoleh prestasi yang optimal dalam bahasa Indonesia tentunya, siswa harus menguasai empat keterampilan dalam berbahasa, yaitu: keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang cukup penting, berbicara ini paling banyak kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai anggota masyarakat, secara alamiah seseorang dapat dikatakan mampu berbicara, tetapi dalam situasi formal tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaannya, sehingga gagasan yang dikemukakan menjadi tidak teratur dan tidak dapat dipahami oleh orang lain, bahkan sering kita jumpai orang yang tidak berani berbicara di depan umum. Aminuddin (1989: 1) mengemukakan bahwa:

Dalam kegiatan berbicara (juga mendengar) manusia telah memiliki kemampuan kodrati, di samping dari hasil belajar melalui interaksi sosial. Kemampuan berbicara tanpa melalui pendidikan formal seperti itu, umumnya hanya mendukung perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dasarnya saja. Kegiatan berbicara yang dilakukan terjadi secara spontan dalam hubungan interpersonal.

Sementara Semiawan mengemukakan bahwa :
Dalam kaitannya sebagai sarana komunikasi, berbicara dalam proses belajar mengajar memungkinkan terjadinya interaksi antar siswa dan guru dapat berjalan dengan baik. Guru yang hanya menginformasikan fakta dan konsep melalui ceramah, hanya akan menghasilkan penguasaan pengetahuan yang dimilikinya, karena kesempatan untuk itu kurang diperhatikan oleh guru. Dorongan ingin mengetahui yang memotivasi siswa untuk belajar, hendaknya dimanfaatkan oleh guru dengan baik. Dalam hal ini, guru berusaha menyiapkan situasi yang mengiring siswa untuk bertanya, mengamati, melakukan eksperimen, serta menemukan fakta atau konsep sendiri (1985: 35).
Penerapan metode ceramah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak bertanya akan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan lebih mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Dengan bertanya, siswa dilatih menggunakan informasi dan keterampilan memproses perolehannya dalam menjelaskan sesuatu dan memecahkan masalah. Hal ini dimungkinkan, karena siswa berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian diharapkan akan muncul rasa ingin tahu tentang gejala yang memungkinkan mereka mengungkapkannya secara lisan. Latihan-latihan bertanya seperti itu tentunya akan memberikan hasil positif dalam peningkatan kemampuan berbicara siswa yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan prestasi belajar khususnya bidang studi bahasa Indonesia.

Penerapan berbagai metode dalam proses belajar mengajar, juga banyak menuntut keterampilan berbicara. Metode diskusi yang merupakan cara penyampaian pelajaran melalui sarana pertukaran pikiran untuk memecahkan masalah merupakan salah satu contoh nyata, dalam hal ini siswa dibina agar dapat mengemukakan pendapatnya secara lisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat dan dapat dipahami oleh peserta diskusi yang lain. dari hal ini, dapat dilihat betapa besarnya peranan kemampuan berbicara dalam pendidikan, terutama dalam proses interaksi belajar mengajar dan dalam usaha mengkomunikasikan suatu ilmu pengetahuan yang diperoleh dari bangku sekolah, sehignga dengan kemampuan tersebut diyakini siswa akan lebih mudah mengemukakan kesulitan yang dihadapi atau bisa bertanya tentang sesuatu yang tidak dipahaminya, dengan demikian siswa yang memiliki kemampuan seperti ini bisa dipastikan akan berhasil dalam belajarnya atau dengan kata lain prestasi belajar yang diperoleh akan lebih baik.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan yang memiliki korelasi terhadap prestasi belajar bidang studi bahasa Indonesia, dengan kata lain semakin baik kemampuan berbicara seorang anak semakin baik pula prestasi belajar bidang studi bahasa Indonesianya. Berdasarkan pengalaman penulis sebagai seorang guru, tidak jarang menjumpai siswa yang memperoleh prestasi belajar bahasa Indonesia yang baik, tapi berbicaranya kurang dan sebaliknya. Untuk lebih memastikan dan lebih meyakinkan hal tersebut dengan hal ini penulis terdorong untuk meneliti korelasi kemampuan berbicara terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 3 Sakra Tahun Pelajaran 2008-2009.




Dikirim Oleh:
Nama PengirimWirmandi
URL Blog Pengirimhttp://wirmanvalkinz.blogspot.com/
Sumber Artikelhttp://wirmanvalkinz.blogspot.com/2012/12/skripsi-bahasa-indonesia-terbaru.html
Emailwirmanvalkinz@gmail.com

Tweet

0 Response to "Korelasi Kemampuan Berbicara Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri "

← Posting Lebih Baru Posting Lama → Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
peluang usaha
Paket Wisata Bali
Anda ingin menikmati obyek wisata di Bali dengan harga sangat murah? Hubungi kami

Wisata di Padang
Keindahan danau Singkarak sebagai wisata populer di Padang

Wisata Alam di Bandung
Tempat wisata alam di wilayah Bandung untuk liburan

Wisata di Jogja
Obyek kunjungan wisata yang menarik di Yogyakarta

Gadai BPKB Mobil
Layanan pinjaman dana tunai gadai BPKB mobil yang resmi

Panduan Wisata Puncak Bogor
Pedoman melakukan perjalanan liburan ke Puncak Bogor

Info Populer By Direktori Weblog

Label

Biro Jasa Bisnis Online Blogging Fashion Informasi dan hiburan Internet Kesehatan Komputer Motivasi dan Inspirasi Otomotif Peluang Usaha Pendidikan Periklanan SEO Service Software Tips dan Trik Travel Tutorial Wirausaha Wisata perumahan

Sobat

Pantai Bali
Pantai yang paling populer di pulau Bali

Wisata Goa Pindul
Sensasi menyusuri sungai di goa pindul Jogja

Marina Bay Sands
Hotel terindah di teluk Singapura

Trans Studio Bandung
Permainan Seru Indoor Theme Park di Bandung

Moment Indah di Bali
Ciptakan moment terindahmu di pulau Bali

Jasa Seo
Persaingan antar jasa seo sebagai bukti reputasi kemampuan

Fungsi Backlink
Fungsi Backlink dalam mengoptimalkan situs bisnis

Kintamani Bali
Keindahan pemandangan gunung dan danau Batur
Back to top!
Copyright 2013 Direktori Weblog - All Rights Reserved Design by Mas Sugeng - Powered by Blogger