Layanan penjualan mobil oleh dealer baik kondisi bekas atau baru di Jakarta hari-hari belakangan ini cukup bergairah seiring dengan kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah ibukota terhadap usia kendaraan. Begitu juga yang terjadi pada situs Jualmobilbekas.hol.es yang menjadi media promosi showroom. Situs ini cukup bergairah sehingga perlu mengadakan promosi agar dapat memenangkan persaingan bisnis yang cukup ketat. Saya melihat, apa yang dilakukan oleh dealer ini perlu menjadi panutan karena dengan berpromosi di media internet, maka kecepatan informasi kepada pelanggan dapat diandalkan. Warga Jakarta yang membutuhkan mobil baru atau bekas, pasti menggunakan media internet untuk mencari kendaraan yang diinginkan. Hari ini dan seterusnya, warga ibukota sudah "online minded".
Pemanfaatan media online yang dilakukan oleh
dealer mobil bekas & baru di Jakarta yaitu Jualmobilbekas.hol.es hari ini, membuktikan bahwa bisnis apapun dapat memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Apalagi di dalam penjualan kendaraan roda empat. Karena jalanan di ibukota yang macet membuat malas sebagian besar warga untuk keliling mencari dealer. Jika mereka membutuhkan "used car", dikuatirkan saat menuju showroom ternyata mobil yang diinginkan tidak ada. Hal ini tentu buang-buang waktu dan biaya transportasi. Makanya mereka memanfaatkan media internet untuk mencari kendaraan yang diingin. Jika ada situs dealer menawarkan merek yang diinginkan, cukup berkonsultasi via telepon sambil menanyakan kondisi mobil, lalu jika sudah mantab, meluncur ke showroom. Teknik ini lebih efisien dan efektif sehingga waktu dan biaya transportasi tidak terbuang percuma.
Jika ada dealer mobil baik baru atau bekas di kota Jakarta yang ingin meniru teknis yang dilakukan oleh situs Jualmobilbekas.hol.es maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar berhasil. Adapun beberapa tips yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengamatan kepada showroom otomotif tersebut adalah sebagai berikut:
- Pastikan mobil yang dipajang terutama jika kondisi bekas, adalah ready stock. Jika anda memasang gambar hari ini di website, sebaiknya kendaraan tersebut belum di pesan oleh orang lain (belum ada tanda jadi atau down payment).
- Sebaiknya untuk setiap unit yang dipajang dilengkapi dengan foto dan kondisi aktual. Jika mobil baru, pastikan spesifikasi mesin dan ketersediaan warna dicantumkan.
- Sebaiknya sediakan beberapa alternatif kontak untuk mempermudah pembeli menanyakan kondisi kendaraan.
- Jika ada konsumen yang tertarik dengan mobil baru atau bekas yang ditawarkan, cobalah melakukan "jemput bola" dengan mendatangi konsumen. Teknik ini sangat disukai oleh warga kota Jakarta karena kemacetan ibukota yang menjengkelkan.
- Cobalah tiru situs Jualmobilbekas.hol.es yang rajin melakukan promosi via internet dengan dibantu oleh blogger.
Dengan kelima tips di atas, niscaya penjualan otomotif baru maupun bekas yang anda lakukan dapat dengan cepat terjadi transaksi. Hari ini, pemanfaatan media promosi dengan berbagai cara sangat diperlukan oleh dealer agar perputaran bisnis berlangsung cepat. Jangan sampai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kota Jakarta diberlakukan terhadap usia mobil, dan ternyata stock kendaraan tua masih ada karena belum laku. Jika hal ini terjadi, maka unit yang dimiliki tersebut harus anda jual di luar kota dan ini tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar saat pengiriman. Kebijakan tersebut malah akan menguntungkan showroom mobil baru. Jadi sebaiknya anda tiru langkah cerdas yang dilakukan oleh dealer otomotif yang sukses melalui situs Jualmobilbekas.hol.es. Pemanfaatan media online juga dapat dilakukan oleh
penyedia rental mobil di dalam memasarkan jasanya.