Tugas Medical Representative: Menjaga Hubungan Baik Dengan Customer
Salah satu unsur yang menentukan kesuksesan seorang Medical Representative adalah kemampuannya untuk membuat dan menjaga hubungan
baik dalam jangka panjang dengan customer. Hubungan baik ini akan
mempermudah pencapaian sales dan bisa diandalkan pada saat genting,
misalnya pada saat mendekati hari akhir tutup sales. Siapa saja
customernya? Ada 2 jenis customer: internal dan eksternal.
Yang internal bisa berasal dari seluruh komponen pendukung kantor
distributor. Mulai dari Kepala Cabang, supervisor, salesman, loper,
gudang, ossa, kasir, maupun peng-input data orderan.
Bahkan satpam atau petugas security dan office boy harus diperlakukan
sama dengan yang lainnya. Memiliki hubungan baik dengan mereka, itu
berarti kita memiliki tenaga pendukung penjualan yang besar. Mereka akan
memberikan dukungan penuh dalam bidangnya masing-masing demi
tercapainya target penjualan. Apabila ada konsumen datang ke kantor
distributor, Satpam akan mempertemukannya dengan kita, bukan dengan
Medical Representative yang lain, sehingga kita akan mendapatkan
konsumen potensial. Salesman akan menawarkan produk kita ke
apotek-apotek, tidak sekedar taking order (mengambil pesanan) saja,
bersedia menanyakan jumlah stok produk kita, sehingga apabila stok di
apotek sudah berkurang, bagian pembelian akan disarankan oleh salesman
menambah stok. Kepala cabang akan berperanan ikut membantu deal khusus
dalam pengadaan jumlah besar di sebuah rumah sakit ataupun institusi.
dan masih banyak bentuk bantuan-bantuan lainnya yang bisa mereka
berikan.
Customer internal ini juga termasuk rekan sekerja. Memang setiap
individu Medical Representative telah memiliki targetnya masing-masing,
namun itu tidak berarti kita menjadi egois dan tidak peduli dengan
kepentingan teman sekerja lainnya. Berikanlah bantuan dan jangan sungkan
mengulurkan tangan apabila ada teman yang membutuhkan. Hal tersebut
sangat berarti bagi kemajuan karir kita nantinya.
Berikutnya adalah customer eksternal. Yang dimaksud adalah seperti
dokter, perawat, bagian pembelian di sebuah rumah sakit/apotek,
apoteker, dll. Mereka adalah customer penting kita. Berikan hubungan
jangka panjang yang tulus, dan mereka juga akan membalasnya dengan sama
baiknya. Kedekatan kita dengan dokter akan membantu kita dengan mudah
untuk menanamkan brand-awarness produk kita, sehingga memperlancar
peresepan. Perawat akan memberikan bantuan informasi-informasi penting
yang mungkin bersifat rahasia tentang dokter, Bagian pembelian akan
dengan suka rela menambah jumlah pesanan, ataupun di saat-saat genting
bisa kita mintakan bantuannya untuk memesan produk kita.
Inti dari hubungan baik ini adalah kemampuan kita menjaga komitmen,
sehingga kepercayaan akan tumbuh dengan sendirinya. Kemampuan
berkomunikasi yang baik, yang terbuka, akan membuat hubungan menjadi
semakin dekat. Kepedulian yang kita berikan akan memberikan kita dampak
berupa bantuan yang tiba-tiba dan tidak disangka-sangka.
So, belajarlah mengenali dengan baik customer Anda. Jalin hubungan baik
dengan mereka. Dan kesuksesan akan bersama Anda, di manapun berada!
Dikirim Oleh: | |
Nama Pengirim | Ayah Safa |
URL Blog Pengirim | http://ayahsafa.blogspot.com/ |
Sumber Artikel | http://ayahsafa.blogspot.com/2013/02/tugas-medical-representative-menjaga.html#more |
Email | pria.periang@gmail.com |